Kompas TV video cerita indonesia

Kawasan Vital Jakarta Seperti Monas Jadi Sering Banjir, Kenapa?

Kompas.tv - 3 Februari 2020, 00:47 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hujan yang mengguyur Jakarta pada Minggu (2/2/2020) kembali menyebabkan banjir di Kawasan Monas, tepatnya di sekitar Jalan Medan Merdeka. Meski banjir yang terjadi tidak berlangsung lama, namun cukup menghambat arus lalu lintas di kawasan vital Jakarta.

Sekda Pemprov DKI Jakarta Syaifullah mengecek langsung kondisi banjir yang terjadi di Monas. Menurutnya, banjir yang terjadi di Monas merupakan antrian air yang akan masuk ke dalam tanah.

"Saya rasa ini masalah antrian air saja," ujar Syaifulla.

Ia mengakui jika mulut saluran air belum teruji sehingga terjadi antrian masuknya air hujan ke gorong-gorong. Masih buruknya sistem drainase membuat air tak dapat mengalir normal hingga akhirnya kembali tumpah ke jalan.

"Tadi ada beberapa mulut air yang kita minta langsung diperlebar, waktu membuat ini kurang dihitung," tambah Syaifullah.

Baca Juga: Diperlukan Solusi Komprehensif untuk Tangani Banjir Jakarta

Ia pun mengatakan pihaknya akan melakukan evaluasi dan akan memperlebar mulut air empat kali lipat dari yang sudah ada.

Hujan deras yang mengguyur sejak malam hingga pagi membuat ruas jalan medan merdeka barat timur utara dan selatan terendam air. Genangan ini bukanlah kali pertama terjadi. Karena pada awal tahun 2020 kemarin, kawasan Monas juga sempat terendam banjir.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x