Kompas TV video cerita indonesia

Ini Makna dan Filosofi Baju Imlek Changshan yang Dipakai Jokowi

Kompas.tv - 30 Januari 2020, 12:19 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo menghadiri perayaan Imlek Nasional 2020 pada Kamis, 30 Januari 2020 di ICE BSD, Tangerang Selatan.

Dalam acara ini, Presiden Jokowi menggunakan baju khas imlek yang dirancang oleh desainer Anne Avantie. Lalu, apa filosofi baju imlek Jokowi tahun ini?

Desain baju Changshan imlek Jokowi disesuaikan dengan tema “Bersatu untuk Maju”. Baju Imlek Jokowi dominasi warna merah dan berkerah Shanghai.

Kerah Shanghai menjadi simbol dari kekhasan keturunan Tionghoa dengan keberagaman dan budaya di Indonesia.

Sedangkan, sulaman emas di baju Imlek Jokowi bermakna sebuha harapan yang bisa menjadi tahun keemasan bagi Jokowi serta membawa kemakmuran bangsa.

Presiden Jokowi dalam acara ini juga sangat senang menggunakan baju Changshan ini. Ada pertukaran budaya dalam berpakaian dalam perayaan Imlek Nasional 2020, di mana ketua panitia Perayaan Imlek Nasional dan sejumlah panitia lain menggunakan baju adat Jawa dan baju adat nasional lainnya.

Sementara itu, desainer Anne Avantie mengungkapkan rasa senang dan bangganya bisa membuatkan baju yang dipakai oleh Presiden Joko Widodo. Hal itu Anne Avantie ungkapkan di media sosialnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x