Kompas TV video cerita indonesia

Yang Bikin Jokowi Happy di Peresmian B30

Kompas.tv - 23 Desember 2019, 13:04 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

B30 seharusnya baru dimulai pada tahun 2020. Namun, di akhir Desember 2019 program B30 bisa dijalankan. Hal ini karena Pertamina sudah mulai mengujicoba B30 mulai bulan November 2019 lalu.

Ada yang bikin Jokowi happy alias senang di peresmian B30 ini. Pasalnya, B30 bisa menghemat devisa negara senilai 63 triliun Rupiah.

Presiden Jokowi meresmikan implementasi Biodiesel 30 persen atau B30 di SPBU Pertamina Jalan MT Haryono Jakarta Selatan pada Senin 23 Desember 2019.

Baca Juga: Jokowi dan Ahok Ngobrol Serius di Peresmian B30

Dalam peresmian ini, Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri BUMN Erick Thohir, Dirut Pertamina Nicke Widyawati, serta Komisaris Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Jokowi dan para pejabat menyaksikan bahan bakar B30 dari tangki SPBU Pertamina diisi ke sebuah mobil pick up. Jokowi menyebutkan, bahan bakar campuran solar dan minyak kelapa sawit ini akan melepaskan ketergantungan Indonesia dari bahan bakar fosil.

Jokowi juga menyebut program B30 akan melepaskan ketergantungan Indonesia untuk impor bahan bakar minyak, khususnya solar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x