Kompas TV video cerita indonesia

Kenapa hari Ibu Indonesia Jatuh Pada Tanggal 22 Desember?

Kompas.tv - 22 Desember 2019, 17:45 WIB
Penulis : Abdur Rahim

Peringatan hari ibu di setiap negara berbeda-beda. Hari ibu di Indonesia diperingati setiap tangal 22 Desember. Hal ini tak terlepas dari proses perjalanan panjang emansipasi wanita. 22 Desember 1928 adalah kongres perempuan pertama kali diadakan. Pada waktu itu, sebanyak 600 orang perempuan dari 30 organisasi berkumpul bersama di Jogjakarta dalam sebuah kongres. Beragam pemikiran diungkapkan dalam kongres tersebut. Adapun isu yang dibahas antara lain pendidikan perempuan bagi anak gadis, perkawinan anak-anak, kawin paksa, permaduan dan perceraian secara sewenang-wenang. Selain itu, kongres juga membahas dan memperjuangkan peran wanita bukan hanya sebagai istri dan pelayan suami saja. 

Perkumpulan oraganisasi wanita ini semakin kuat, hingga pada akhirnya mereka membuat organisasi yang lebih besar, yaitu Perikatan Perkoempolan Isteri Indonesia (PPII). Penetapan hari ibu ini sendiri ditetapkan pada kongres ke 3, yaitu pada tahun 1938. 
Hal ini juga diperkuat dengan keputusan Presiden Soekarno 316 tahun 1959. Dimana, kepres ini mendukung hasil Kongres Perempuan Indonesia III yang berlangsung dari tangal 22 hingga 27 Juli 1938 di Bandung. 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x