Kompas TV video cerita indonesia

Keren! Mahasiswa Sulap Limbah Batubara Jadi Beton Ramah Lingkungan

Kompas.tv - 19 Desember 2019, 16:47 WIB
Penulis : Desy Hartini

Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya berinovasi dengan limbah pembakaran batubara yang kerap mencemari lingkungan. Para mahasiswa mengubah limbah pembakaran batubara menjadi beton yang bahkan lebih kuat dibanding beton yang terbuat batu, semen, dan pasir. Inovasi yang dilakukan mahasiswa D3 Teknik Infrastruktur Sipil ini berangkat dari kegelisahan melihat limbah pembakaran batubara yang terbuang ke sungai dan mencemari lingkungan.

Para mahasiswa ini mengubah limbah pembakaran batubara menjadi beton yang ramah lingkungan. Limbah pembakaran batubara dicampur dengan silika, natrium hidroksida, dan fero-hidroksida. Pencampuran ini diklaim membuat beton dari limbah pembakaran batubara lebih kuat dibanding beton biasa yang terbuat dari campuran batu, semen, dan pasir.

Baca Juga: Kreatif! Dosen Ini Ciptakan Lampu Berkarakter dari Limbah Kayu

Beton berbahan dasar limbah pembakaran batubara ini diberi nama segoro konkret. Karena tidak menghasilkan karbondioksida, beton segotro konkret dinilai aman bagi lingkungan. Inovasi beton dari limbah pembakaran batubara mengantarkan para pemuda harapan bangsa ini menyabet juara satu lomba karya tulis ilmiah nasional Build Year 2019. Selanjutnya, para mahasiswa ini akan menguji coba kekuatan dan ketahanan beton ini terhadap paparan air laut.

#Beton #Surabaya #LimbahBeton
 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x