Kompas TV video cerita indonesia

Inilah Suasana Latihan Pengamanan Pelabuhan Di Kota Sorong

Kompas.tv - 29 November 2019, 08:17 WIB
Penulis : Desy Hartini

Inilah suasana latihan pengamanan pelabuhan besar-besaran di alur laut dan pelabuhan Kota Sorong. Latihan dipimpin Panglima Komando Armada III, Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M. Latihan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan profesionalisme prajurit.

Latihan pengamanan pelabuhan ini dilaksanakan kurang lebih selama dua minggu dengan puncak latihan diadakan kegiatan Full Mission Profile (FMP) yang dilaksanakan pada Kamis (28/11) di dermaga pelabuhan umum Kota Sorong serta wilayah perairan Sorong Papua Barat. Pelaksanaan FMP dipimpin langsung oleh Asisten Operasi Pangkoarmada III, Kolonel Laut (P) Dato Rusman, S.N., S.E., M.Si.

Pelaksanaan latihan dimulai saat mendapatkan informasi dari KSOP Sorong tentang laporan emergency dari tiga kapal yang dicurigai mengalami tindakan kekerasan memasuki pelabuhan Kota Sorong. Kemudian, TNI AL menggelar operasi untuk menindak kapal tersebut.

Tidak berselang lama kapal dapat diambil alih dan diamankan oleh prajurit TNI AL. Setelah proses interogasi ternyata kelompok pelaku tindak kekerasan tersebut juga akan melakukan tindak kekerasan di pelabuhan, tetapi dengan sigap dan cekatan berhasil diamankan. Di sisi lain juga terdapat perusuh yang akan mengganggu jalanya operasi pengamanan dan berhasil dilumpuhkan.

FMP juga melibatkan seluruh stake holder seperti Basarnas, Dinas Navigasi, KSOP Sorong dan sejumlah instansi terkait lainnya. Hal ini membuktikan bahwa semua aparat saling berintegrasi serta bekerja sama untuk menindak segala bentuk ancaman maupun kejahatan aspek maritim yang terjadi di perairan Sorong dan sekitarnya. 

#TNI #Sorong #PengamananLaut

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x