Kompas TV video vod

Kemenag Gelar Manasik Haji Bagi 1.120 PPIH Selama 2 Hari Berturut-turut

Kompas.tv - 27 Maret 2024, 10:08 WIB
Penulis : Shinta Milenia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Agama menggelar manasik haji khusus Petugas Penyelenggara Ibadah Haji atau PPIH di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta.

Khusus petugas diperbolehkan tidak mabit di Musdalifah atau Mina karena harus bertugas melayani jemaah.

1.120 Petugas Penyelenggara Ibadah Haji mengikuti manasik haji dari rangkaian rukun dan wajib haji dilakukan, seperti thawaf, sa'i, wukuf di Arafah, mabit di Musdalifah dan Mina, lempar jumrah dan tahalul.

Khusus bagi petugas haji diperbolehkan tidak mabit atau bermalam di musdalifah atau mina karena harus bertugas melayani dan membimbing jemaah haji.

Manasik haji dilakukan selama 2 hari berturut, sementara keberangkatan akan dimulai pada 7 Mei 2024.

Sebelumnya, 1.120 petugas haji mengikuti simulasi mulai dari kedatangan jemaah haji gelombang 1 dan 2 di bandara, pendampingan jemaah saat umrah, thawaf, sa'I hingga puncak ibadah wukuf di Arafah, mabit di Muzdalifah dan Mina serta lempar jumroh.

Simulasi digelar agar petugas haji memahami potensi persoalan yang dialami jemaah haji dan harus segera ditangani oleh petugas, seperti jemaah haji pingsan karena kelelahan hingga membantu jemaah lansia dan disabilitas saat melaksanakan rukun dan wajib haji, serta mendampingi dan mengantar jemaah tersesat dan demensia.

Baca Juga: Kemenag Minta Masyarakat Waspadai Tawaran Umrah dan Haji Khusus dengan Harga Murah

#manasikhaji #ppih #jemaahhaji
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x