Kompas TV video vod

Tim SAR Cari 6 Korban Banjir dan Longsor di Sumbar

Kompas.tv - 12 Maret 2024, 11:57 WIB
Penulis : Pompe Sinulingga

PESISIR SELATAN, KOMPAS.TV - Sebanyak 120 personel tim SAR gabungan kembali melanjutkan pencarian korban banjir dan longsor di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, pada Senin (11/03/2024) pagi.

Pencarian difokuskan di daerah Tarusan, Kecamatan Sutera, Kecamatan Bayang.

Sejauh ini masih ada 6 orang yang masih dinyatakan hilang.

Total korban yang sudah ditemukan sebanyak 26 orang dan dalam kondisi meniggal dunia.

Pencarian korban sempat terkendala akses, di mana titik longsor yang berada di area yang sulit, dan penggunaan alat berat yang tidak bisa maksimal.

Membantu penanganan pasca bencana banjir dan longsor di Sumatera Barat, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kucurkan bantuan dana siap pakai senilai Rp 1,75 miliar.

Selain bantuan dana, BNPB juga menyerahkan bantuan logistik yang menjadi kebutuhan mendasar bagi korban terdampak banjir dan longsor di lima kabupaten kota.

BNPB juga akan merelokasi 100 rumah di Kabupaten Pesisir Selatan yang terdampak banjir dan tanah longsor, sebagai langkah antisipasi pengurangan dampak risiko bencana.

Untuk relokasi, BNPB berharap agar pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, segera dapat mencarikan lahan untuk relokasi tersebut.

Sementara itu, dari 27.700 unit rumah warga yang terdampak banjir dan longsor, BPBD Kabupaten Pesisir selatan menyebut sebanyak 650 unit rumah diantaranya mengalami rusak ringan hingga berat.

BPBD Kabupaten Pesisir Selatan memperkirakan kerugian akibat bencana banjir dan tanah longsor mencapai Rp 170,4 miliar.

Baca Juga: Hak Angket Masuk Angin, Saut Situmorang: Kita Harus Yakin dan Berharap Pada Partai Politik

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x