Kompas TV video vod

Penentuan 1 Ramadan 1445 H, BMKG Makassar: Ketinggian Masih Rendah, Sulit Lihat Hilal

Kompas.tv - 10 Maret 2024, 19:03 WIB
Penulis : Aisha Amalia Putri

AMBON, KOMPAS.TV - Di Ambon Maluku, pemantauan hilal yang dilakukan oleh Kanwil Agama Maluku bekerjasama dengan BMKG Maluku dilakukan di Hotel Tirta Kencana Desa Mahusu saat ini persiapan sudah dilakukan.

Pemantauan menurut rencana akan dilakukan pada pukul 18:00 saat terbenamnya matahari dan saat ini ketinggian hilal masih di bawah nol derajat.

Kantor Kementerian Agama Wilayah Papua melakukan pemantauan hilal awal Ramadan di Pantai Lampu Satu Merauke, Papua Selatan.

Ketua Falakiah Jayapura menyebut, kecil kemungkinan hilal akan terlihat karena etinggian hilal masih berada nol derajat minus 20 menit.

Pemantauan melibatkan tim BMKG Jayapura di bantu Stasiun Meteorologi Mopah Merauke, dengan menggunakan 3 teleskop pemantau.

Pemantau juga dihadiri sejumlah tokoh agama di Merauke.

Ketua Falakiah Jayapura menyebut, kecil kemungkinan hilal akan terlihat karena ketinggian hilal masih berada di nol derajat minus 20 menit.

Salah satu titik pemantauan hilal di Sulawesi Selatan, berada di atap Mall GTC Jalan Metro Tanjung Bunga Kota Makassar.

Meski  langit berawan, tim pemantau hilal dari Kanwil Kementerian Agama Sulawesi Selatan bersama BMKG wilayah 4 di Kota Makassar telah siap untuk memantau pergerakan hilal.

Alat penunjang seperti teleskop dan laptop, juga telah di siapkan untuk melaporkan hasil pemantauan dari wilayah timur Indonesia ke Kementerian Agama.

Baca Juga: Tentukan Awal Puasa 1 Ramadan 1445 H, Begini Situasi Pantauan Hilal di Jakarta [BREAKING NEWS]

#hilal #sidangisbat #1ramadan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x