Kompas TV video vod

Pilot dan Co-Pilot Batik Air Tertidur Saat Terbangkan Pesawat, Menhub: Tegur Keras!

Kompas.tv - 9 Maret 2024, 21:00 WIB
Penulis : Shinta Milenia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi memberikan teguran keras kepada maskapai Batik Air, terkait adanya Pilot dan Co-Pilot yang tertidur selama 28 menit saat pesawat sedang terbang.

Teguran diberikan setelah Kementerian Perhubungan mendapat laporan dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang mengungkap insiden Pilot dan Co-Pilot Batik Air ID-6723 tertidur selama 28 menit saat menerbangkan Pesawat Airbus A-320 rute Kendari-Jakarta pada 25 Januari 2024.

Menhub menegaskan Kementerian Perhubungan akan menginvestigasi masalah ini.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengungkap insiden Co-Pilot Batik Air ini.

Setelah pilot tertidur sekitar 28 menit, pilot  terbangun dan menyadari bahwa pesawa  tidak berada di jalur yang benar, yaitu menyasar di sekitar langit Cianjur-Sukabumi, Jawa Barat.

Kemudian Pilot membangunkan Co-Pilot dan menanggapi panggilan dari pusat kendali wilayah Jakarta lalu kembali ke rute yang benar.

Pesawat Batik Air ID-6723 kemudian berhasil mendarat di Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten.

Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Priantoro merespons insiden Pilot dan Co-Pilot Batik Air yang tertidur saat terbang dari Kendari menuju Jakarta.

Per 26 Janauri 2024, Batik Air menonaktifkan atau membebastugaskan sementara Pilot penerbangan ID-6723 rute Kendari ke Jakarta yang bertugas pada 25 Januari 2024.

Keputusan tersebut merupakan bentuk keserisuan perusahaan terhadap pentingnya aspek keselamatan serta dalam rangka menjalankan investigasi yang menyeluruh.

Baca Juga: Menhub Budi Karya Sumadi Tegaskan Pilot Batik Air yang Tertidur Harus Diberi Sanksi!

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x