Kompas TV video vod

Dihadiri Presiden Jokowi, Sidang Istimewa Laporan Tahunan MA Tahun 2023 Digelar di JCC - MA NEWS

Kompas.tv - 21 Februari 2024, 10:23 WIB
Penulis : Shinta Milenia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mahkamah Agung mengelar Sidang Istimewa Laporan Tahunan Mahkamah Agung Tahun 2023.

Sidang laporan tahunan ini diadakan pada Selasa (20/2/2024) di Jakarta Convention Center, Jakarta.

Laporan Tahunan Mahkamah Agung 2023 mengusung tema Integritas Kuat Peradilan Bermartabat. Sidang dipimpin langsung oleh Ketua Mahkamah Agung, Muhammad Syarifuddin dengan dihadiri oleh Presiden Jokowi serta para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Jaksa Agung, Panglima TNI dan Kapolri.

Ikut mendampigi Ketua Mahkamah Agung dalam sidang istimewa laporan tahunan ini, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial Sunarto, para Ketua Kamar Mahkamah Agung, Hakim Agung, Hakim Ad-Hoc, para Purnabakti Pimpinan Mahkamah Agung, para Ketua Pengadilan Tingkat Banding dan para Ketua Pengadilan Tingkat Pertama.

Dalam pidato pembukaan, Ketua Mahkamah Agung Muhammad Syarifuddin menyampaikan berbagai capaian kinerja Mahkamah Agung pada tahun 2023 di mana MA berhasil memutus sebanyak 27.365 perkara dari 27.512 perkara yang masuk di tahun 202,  yang artinya progres capaian penyelesaian perkara MA tahun 2023 mencapai 99,47%.

Sementara dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengapresiasi kinerja Mahkamah Agung secara menyeluruh, terutama dalam inovasi transformasi hukum dengan menggunakan sistem peradilan elektronik.

Presiden berharap kinerja ini bisa dilengkapi dengan kualitas putusan pengadilan yang memberikan rasa keadilan dan kepastian hukum kepada seluruh masyarakat di Indonesia.

Sidang Istimewa Laporan Tahunan MA merupakan agenda tahunan MA yang dilaksanakan di setiap awal tahun, bertujuan untuk menyampaikan capaian kinerja yang telah dilakukan oleh mahkamah agung selama setahun sebelumnya.

Dalam sidang laporan tahunan ini, Mahkamah Agung turut mengundang para Ketua Mahkamah Agung negara sahabat, antara lain  Ketua Mahkamah Agung Malaysia, Singapura, Kuwait, Qatar, Delegasi MA Sudan, Delegasi MA Australia, Delegasi MA China, Delegasi MA Rusia dan para Duta Besar negara sahabat.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x