Kompas TV video sinau

Terungkap, Ini Alasan Polisi Tidak Tilang Knalpot Moge | SINAU

Kompas.tv - 24 Januari 2024, 16:15 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Seperti yang kita ketahui kepolisian tengah menertibkan pengendara sepeda motor yang menggunakan knalpot brong.

Sebagai informasi, pemerintah mengatur tingkat kebisingan knalpot kendaraan bermotor. Aturan tersebut termaktub dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No.7 tahun 2009.

Alasan Polisi Tidak Menilang Moge

Pihak kepolisian menegaskan, setiap kendaraan mempunyai spesifikasi masing-masing yang sudah ditentukan oleh pabrikan termasuk knalpot yang terpasang di setiap motor

Melansir  dari Gridoto.com, 24 Januari 2024 Kasat Pamwal Ditlantas Polda Metro Jaya  AKBP Ojo Ruslani menerangkan,  "Motor yang memiliki kubikasi besar itu otomatis ada hubungannya antara mesin besar dengan knalpot, sementara knapot standar pun bagi kendaraan yang memiliki cc besar maka sebagai output suaranya besar juga dan itu memang sudah standar dari pabrikan, yang kami permasalahkan adalah motor yang ber cc kecil kemudian berkeinginan suara besar, maka digunakan knalpot brong itulah yang tidak boleh”.

Ojo kembali menjelaskan, kendaraan baru yang standar dari pabrikan sebelum dijual ke konsumen, telah melewati uji tipe kendaraan bermotor oleh Kemenhub. Salah satu pengujian laik jalan adalah uji kebisingan suara.

Baca Juga: Polisi Sosialisasi Larangan Knalpot Brong di Sekolah

Editor Video: Joshua Victor



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x