Kompas TV video vod

Wisata Gedung Pegadaian Pertama di Indonesia yang Terletak di Sukabumi

Kompas.tv - 24 Januari 2024, 14:54 WIB
Penulis : Kharismaningtyas

SUKABUMI, KOMPAS.TV - Terletak di Jalan Palabuhan II Citamiang, Kota Sukabumi, Museum Pegadaian ini berdiri bersebelahan dengan Kantor Pegadaian yang sudah beroperasi sejak tahun 1901 hingga saat ini.

Bangunan museum awal mulanya adalah rumah dinas milik Pimpinan Pegadaian yang dialih fungsikan menjadi museum sejak tanggal 10 April 2010. Museum inipun menjadi museum satu-satunya di Indonesia yang menyimpan catatan sejarah aktivitas gadai pada zaman dulu.

Koleksi yang ada di museum ini tidak hanya berasal dari Pegadaian Sukabumi saja, namun juga benda bersejarah dari pegadaian lain se-Indonesia terutama dari Jawa Barat dan Jawa Tengah. Isi koleksinya pun beragam, mulai dari catatan transaksi gadai yang pernah berlangsung alat alat yang digunakan Pegawai Pegadaian mulai dari alat keamanan, timbangan, mesin hitung, dan lain lain. Barang gadai pun seperti batik, sepeda, hingga yang paling kuno ialah dandang tembaga atau seeng, juga beberapa koleksi barang gadai yang sudah ada sejak 1901 saat Kantor Pegadaian pertama kali diresmikan.

Baca Juga: Jajal Flying Fox hingga Kendarai ATV dalam "Goalpara Tea Park", Wisata Kekinian di Tengah Kebun Teh

#museumpegadaian #sukabumi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x