Kompas TV video vod

Belibur ke Wisata Pulau Lemukutan, Lakukan Aktivitas Snorkeling Menikmati Bawah Laut

Kompas.tv - 18 Januari 2024, 15:35 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KOMPAS.TV - Indonesia kaya akan wisata alam yang indah, termasuk di Kalimantan Barat.

Salah satu destinasi wisata yang hampir setiap hari ramai didatangi pengunjung adalah wisata Pulau Lemukutan yang terletak di Desa Lemukutan, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang.

Untuk menuju pulau dengan luas sekitar 1.200 hektare ini, dari Kota Pontianak menggunakan jalur darat memakan waktu kurang lebih 3 jam ke Dermaga Teluk Suak dan dilanjutkan perjalanan kapal motor kurang lebih 1 jam.

Beberapa pengunjung mengaku kerap menjadikan Pulau Lemukutan sebagai lokasi berlibur untuk melepas penat dari aktivitas bekerja dengan menikmati berbagai keindahan dan suasana pulau yang asri.

Selain menikmati keindahan pantai dan suasana pulau, pengunjung juga bisa menikmati wisata bawah laut untuk melihat keindahan dan kecantikan kerang dan ikan-ikan dari dekat dengan bersnorkeling.

Kondisi alami terumbu karang dan ikan di laut ini terus dijaga oleh masyarakat setempat dan pengelola wisata sebagai salah satu daya tarik utama.

Pengelola wisata mengaku setiap harinya puluhan hingga ratusan pengunjung mendatangi lokasi wisata ini, terutama saat memasuki musim libur sekolah maupun libur hari besar keagamaan.

Baik masyarakat maupun pengelola wisata berharap keindahan dan kecantikan Pulau Lemukutan bisa ditingkatkan dengan dukungan dari pemerintah daerah, baik untuk infrastruktur jembatan di dermaga, jalan menuju lokasi snorkeling, hingga penataan kawasan wisata Pulau Lemukutan yang masih seadanya.

Baca Juga: Pesona Geowisata Danau Biru di Kaki Bukit Desa Walasiho


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x