Kompas TV video vod

Kata Pengamat Militer Soal Tema Debat Ketiga Pilpres, Bahas Pertahanan Hingga Geopolitik

Kompas.tv - 29 Desember 2023, 18:39 WIB
Penulis : Shinta Milenia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketiga calon presiden, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo akan kembali saling berhadapan pada debat ketiga capres yang akan digelar pada 7 Januari 2024.

Tema debat kali ini akan membahas soal pertahanan, hubungan internasional dan geopolitik.

Ketiga calon presiden pun sudah menyiapkan sejumlah visi misi soal pertahanan dan keamanan.

Pasangan Anies-Muhamin Iskandar menyebut bakal merumuskan strategi pertahanan Indonesia yang relevan dengan perkembangan situasi nasional dan internasional.

Selain itu mereka juga ingin mewujudkan profesionalitas TNI, serta meningkatkan inovasi, produksi, dan teknologi pertahanan.

Juru Bicara Timnas AMIN, Sulfikar Amir menyebut timnya akan menggarisbawahi tata kelola pertahanan, khususnya dalam prosedur pembelian alutsista.

Sementara pasangan Prabowo-Gibran mengusung visi pertahanan mulai dari meningkatkan jumlah anggaran pertahanan secara bertahap, mempercepat peningkatan kemampuan industri strategis nasional dalam memenuhi alutsista TNI-Polri, serta meningkatkan konektivitas dan keamanan dari ancaman siber.

Juru Bicara TKN Prabowo-Gibran menyebut akan memaksimal debat ketiga capres ini, di mana tema debat yang diangkat kali ini merupakan bidang yang dikuasai Prabowo. Terlebih ia sebagai Menteri Pertahanan saat ini.

Pasangan Nomor Urut 3, Ganjar-Mahfud memiliki visi misi bidang pertahanan dengan melakukan modernisasi pertahanan sakti atau perkasa dengan keunggulan teknologi 5.0, mewujudkan prajurit sejahtera dan industri pertahanan keamanan kelas dunia.

Di sisi lain Juru Bicara TPN Ganjar-Mahfud, Chico Hakim menyebut bisa saja tema yang dibahas debat kali ini berbanding terbalik dengan Prabowo Subianto.

Chico menilai rekam jejak Prabowo Subianto selama menjabat sebagai Menteri Pertahanan belum cukup terbukti apa pencapaiannya.

Baca Juga: Inilah Cara Masing-Masing Capres Hadapi Debat Ketiga 7 Januari Mendatang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x