Kompas TV video vod

BI Tetap Pertahankan Suku Bunga BI Rate Sebesar 6 Persen!

Kompas.tv - 28 Desember 2023, 11:47 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KOMPAS.TV - Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada 20-21 Desember 2023 memutuskan mempertahankan BI-rate sebesar 6%, suku bunga deposit facility sebesar 5,25% dan suku bunga lending facility sebesar 6,75%.

Terhitung mulai 21 Desember 2023, Bank Indonesia menggunakan nama BI-rate sebagai suku bunga kebijakan menggantikan BI 7-Day (Reverse) Repo Rate untuk memperkuat komunikasi kebijakan moneter.

Penggantian nama ini tidak mengubah makna dan tujuan BI-rate sebagai stance kebijakan moneter BI, serta operasionalisasinya tetap mengacu pada transaksi Reverse Repo Bank Indonesia Tenor 7 hari.

Penguatan bauran kebijakan moneter, makroprudensial dan sistem pembayaran untuk menjaga stabilitas dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan mencakup langkah sebagai berikut, salah satunya stabilisasi nilai tukar rupiah melalui intervensi di pasar valas pada transaksi spot, Domestic Non-Deliverable Forward (DNDF) dan Surat Berharga Negara (SBN) di pasar sekunder.

Lalu, penguatan strategi operasi moneter yang pro-market untuk efektivitas kebijakan moneter,  termasuk optimalisasi sekuritas rupiah Bank Indonesia, sekuritas valas Bank Indonesia dan suku valas Bank Indonesia. 

Selanjutnya, penguatan kebijakan transparansi suku bunga dasar kredit dengan fokus pada suku bunga kredit per sektor ekonomi, akselerasi digitalisasi sistem pembayaran dan perluasan kerja sama antarnegara untuk meningkatkan volume transaksi dan mendorong inklusi ekonomi keuangan digital melalui perluasan implementasi QRIS dengan menetapkan target penggunaan QRIS sebesar 55 juta pengguna di tahun 2024, menetapkan target volume transaksi QRIS sebanyak 2,5 miliar transaksi pada tahun 2024 dan memperkuat strategi implementasi QRIS antarnegara untuk percepatan akseptasi transaksi.

Baca Juga: Jadwal Operasional Bank BNI Akhir Desember 2023 Selama Masa Natal dan Tahun Baru 2024

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x