Kompas TV video sinau

Penting, Bunuh Diri Bisa Dicegah dengan Cara Berikut | SINAU

Kompas.tv - 15 Desember 2023, 19:04 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV -  Masyarakat perlu mengerti tanda-tanda orang yang akan mengakhiri hidupnya

Ahli mengatakan terdapat beberapa tips untuk mengenali tanda awal untuk proses identifikasi juga menyikapi orang terdekat yang berpotensi mengakhiri hidupnya.

Kenali Tanda Orang Akan Bunuh Diri

Melansir dari Kompas.tv Direktur Utama Pusat Kesehatan Jiwa Nasional Dr. dr. Nova Riyanti Yusuf, SpKJ memaparkan, ‘’Mengenali pikiran, perasaan dan perilaku, dikenal dengan 3P, adalah cara awal yang dapat dilakukan orang terdekat’’.

Sebenarnya, ada perubahan kecil dari orang terdekat  yang mungkin tidak kita sadari misalnya sering mengurung sendiri di kamar, imbuh Noriyu.

Berikan Perhatian

Meski tidak semuanya, biasanya orang dengan depresi tidak ada gairah untuk melakukan apapun dalam hidup.

Berikan  perhatian kecil dan tidak perlu seolah ingin menyelesaikan masalahnya. Kemudian ajak berbicara atau berikan segelas kopi, itu akan membuatnya merasa ada yang peduli dengannya. Selain itu, tidak meremehkan masalah atau perasaan yang mereka alami adalah keharusan. Sebab, mereka hanya ingin didengar.

“Semua orang pasti mempunyai masalah, tapi ini adalah tentang bagaimana kita memberikan perhatian, tidak perlu menanyakan ‘kamu kenapa?’, cukup dengan hal-hal kecil, mengajak minum kopi, atau sekadar mengirimkan makanan dapat membuatnya merasa dipedulikan”, pungkas Noriyu.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Kadaver dan Aturan Mayat Jadi Bahan Praktik Mahasiswa Kedokteran | SINAU

Editor Video: Joshua Victor



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x