Kompas TV video vod

Penebangan Liar Diduga Jadi Penyebab Banjir Bandang dan Longsor di Humbahas Sumut

Kompas.tv - 4 Desember 2023, 13:41 WIB
Penulis : Shinta Milenia

HUMBANG HASUNDUTAN, KOMPAS.TV - Bencana alam banjir bandang dan longsor di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara diduga disebabkan penebangan liar di perbukitan.

Hal ini berdasarkan video drone milik aktivis lingkungan dan postingan pimpinan tertinggi Gereja HKBP dan Bupati Humbang Hasundutan.

Inilah video pesawat nirawak milik organisasi aktivis lingkungan di Danau Toba yang menelusuri hulu aliran material bencana banjir bandang dan longsor di Desa Simangulampe, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Di atas perbukitan, kondisi telah gundul dan beberapa batang kayu telah ditebang. Dari lokasi ini kemudian terbentuk aliran menuju Desa Simangulampe.

Penebangan liar atau penggundulan hutan inilah tidak bisa lagi menahan air hingga faktor yang diduga menyebabkan banjir bandang.

Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor melalui akun media sosialnya menyebut penebangan liar ini adalah kejahatan lingkungan luar biasa.

Baca Juga: Update Banjir Bandang di Humbahas: Seorang Warga Ditemukan Tewas, 10 Orang Lainnya Masih Hilang

 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.