Kompas TV regional berita daerah

Update Banjir Bandang di Humbahas: Seorang Warga Ditemukan Tewas, 10 Orang Lainnya Masih Hilang

Kompas.tv - 4 Desember 2023, 13:26 WIB
update-banjir-bandang-di-humbahas-seorang-warga-ditemukan-tewas-10-orang-lainnya-masih-hilang
Tim BNPB berkoordinasi dengan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Humbang Hasundutan di lokasi terdampak bencana banjir bandang Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Minggu (3/12). (Sumber: (Kedeputian Logistik dan Peralatan BNPB/bnpb.go.id))
Penulis : Dian Nita | Editor : Deni Muliya

HUMBAHAS, KOMPAS.TV - Tim SAR Gabungan menemukan seorang warga Desa Simangulampe Kec. Bakti Raja Kab. Humbahas, Sumatera Utara (Sumut) bernama Tiamin Boru Sinambela (78) akibat banjir bandang menerjang pada Jumat (1/12/2023) lalu.

Kepala Kantor Basarnas Medan, Budiono mengatakan, Korban ditemukan Senin (4/12/2023) pukul 10.07 WIB di sekitar Hotel Senior. 

"Korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia berada di sela-sela bebatuan saat pemindahan material oleh excavator. Selanjutnya langsung dievakuasi dan dibawa ke Puskesmas Bakti Raja untuk proses lebih lanjut," Budiono dalam keterangan tertulisnya, Senin siang.

Baca Juga: Proses Evakuasi 11 Pendaki Korban Erupsi Gunung Marapi Sumbar Terkendala Cuaca hingga Debu

Hingga saat ini, Tim SAR Gabungan masih mencari 10 orang warga korban banjir bandang Humbahas yang dinyatakan hilang.

Pencarian dibagi atas 3 SRU yaitu SRU I melakukan pencarian di permukaan air menggunakan perahu LCR 2 unit dan Peralatan Aqua Eyes yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan korban di dalam air.

SRU II melakukan pencarian menggunakan excavator dan scouting darat di area tepi Danau dan sekitar hotel Senior.

Adapun SRU III melakukan pencarian menggunakan excavator dan scouting darat di sekitar wilayah yang terdampak banjir bandang dengan cara penyapuan satu arah dari Timur ke Barat. 

Baca Juga: Gunung Marapi di Sumbar Erupsi, Letusan Abu Vulkanik Mencapai 3.000 Meter!

Sementara itu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto bertolak menuju Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara, pada pagi ini Senin (4/12).

Kepala BNPB dijadwalkan memimpin rapat koordinasi percepatan penanganan darurat bencana dilanjutkan meninjau lokasi terdampak banjir bandang.

Dalam rapat koordinasi tersebut, seluruh jajaran pemerintah daerah Kabupaten Humbang Hasundutan akan hadir.

Mulai dari Bupati, Danrem, Dandim, Kapolres, Pj. Sekda Kab, Kadinsos Provinsi Sumatera Utara, Kepala Pelaksana BPBD hingga SKPD terkait. 

Sebagaimana menurut data yang dihimpun BPBD, banjir bandang juga memaksa kurang lebih 200 jiwa mengungsi.

Pada kunjungan kerja tersebut, Kepala BNPB juga akan menyerahkan dukungan berupa Dana Siap Pakai (DSP).

Termasuk pula logistik dan peralatan yang meliputi tenda pengungsi, tenda keluarga, sembako, selimut, matras, velbed, lampu penerangan, genset listrik, mesin pompa air beserta selangnya guna mendukung percepatan penanganan banjir bandang.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.