Kompas TV video vod

Kemenparekraf Beri Penghargaan Kampung Wisata Terbaik di Malam Puncak Program KSW 5.0

Kompas.tv - 30 November 2023, 13:21 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KOMPAS.TV - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif gelar Malam Penghargaan Program Kampanye Sadar Wisata atau KSW 5.0.

Pada kesempatan ini, Kemenparekraf memberikan penghargaan kepada desa atau kampung wisata terbaik dengan tujuan mendorong desa wisata untuk meningkatkan kinerja positif, serta mewujudkan pariwisata yang lebih berkualitas.

Melalui Program KSW 5.0, pengembangan desa wisata menjadi inisiatif utama dalam memajukan pariwisata yang berfokus pada pembangunan kesadaran dan pengembangan mentalitas serta karakter produktif masyarakat desa.

Setelah berjalan dalam kurun waktu 2 tahun, dalam prosesnya Kampanye Sadar Wisata 5.0 melalui beberapa tahapan.

Yang pertama adalah tahapan sosialisasi dengan materi utama sadar wisata. Tahapan sosialisasi meliputi sapta pesona, pelayanan prima, CHSE, serta manejemen konflik.

Setelah tahapan sosialisasi, tahapan KSW 5.0 diisi dengan tahapan pelatihan. Tahapan ini dilakukan untuk membangun kualitas SDM.

Kemudian dilanjutkan tahapan pembuatan proposal rencana pengembangan desa wisata yang kemudian dilanjutkan dengan tahap pendampingan secara intensif untuk mewujudkan rencana pembangunan desa wisata. Lalu selanjutnya adalah tahap penjurian.

Tak hanya sekedar melihat hasil akhir, penilaian menitikberatkan pada progress atau perkembangan yang dilalui setiap desa wisata yang dinilai dari tiga aspek, yaitu aspek kelembagaan, aspek inovasi produk dan pemasaran, serta aspek diseminasi sadar wisata.

Setelah melalui tahap penilaian, tahapan terakhir adalah tahapan penghargaan.

Terdapat 5 kategori pada malam perhargaan KSW 5.0, yaitu kategori Kepala Desa atau Lurah Terbaik, Kategori Local Champion Terbaik, Kategori Diseminasi Sadar Wisata, Kategori Inovasi Produk Dan Pemasaran dan yang terakhir Kategori Kelembagaan.

Tak hanya diisi dengan pemberian apresiasi saja, Malam Puncak Penghargaan KSW 5.0 juga turut dimeriahkan dengan penampilan bintang tamu ternama seperti, Dodit Mulyanto, Siti Badriah hingga Band Coklat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x