Kompas TV video vod

Bansos di Berbagai Daerah Belum Efektif Turunkan Harga Beras, ini Alasannya

Kompas.tv - 25 September 2023, 16:31 WIB
Penulis : Kharismaningtyas

KOMPAS.TV - Bantuan sosial dan operasi pasar ternyata belum membuat harga beras di Kota Blitar, Jawa Timur turun. Sudah 1 bulan lamanya harga beras tetap tinggi.

Harga beras premium di Kota Blitar mencapai Rp71.000,- per 5 kilogram. Sementara harga beras medium mencapai Rp62.000,- per kilogram. 

Banyaknya bantuan sosial dan operasi pasar yang digelar pemerintah, belum membuat harga beras di pasaran turun. Padahal tujuan utama dari bansos dan operasi pasar adalah menekan harga beras yang tengah melambung tinggi di pasaran.

Pasokan beras dari petani ke pedagang belum normal. Gagal panen akibat musim kemarau menjadi penyebab utama.

Di Kota Bengkulu, warga mengeluhkan harga beras yang tak kunjung turun. Di pasar Tradisional Kota Bengkulu harga beras kini melonjak menjadi Rp13.500,- hingga Rp17.000,- per kilogram.

Kondisi ini memaksa warga untuk beralih dari beras berkualitas premium, ke beras yang lebih murah. Tak hanya pembeli, pedagang pun mengeluhkan omzet mereka, yang turun karena harga beras mahal.

Kita terhubung dengan Jurnalis KompasTV Winanto Sukarja di Blitar Jawa Timur untuk mengetahui kenaikan harga beras di daerah.

Selanjutnya kita pantau kondisi di Bengkulu, bersama Jurnalis Kompastv, Gilang Tri Wibisono.

Baca Juga: Penyerahan Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah Tahap II DI Bolaang Mongondow

#bansos #hargaberas



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x