Kompas TV video sinau

Geger Virus Nipah di India Bisa Jadi Pandemi, Kenali Gejalanya | SINAU

Kompas.tv - 20 September 2023, 17:48 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV -  Apa Itu Virus Nipah? Virus Nipah merupakan virus zoonosis yang mampu menular dari hewan kepada manusia. Tak hanya itu, beberapa kasus bisa menyebar dari manusia ke manusia.

Tahun 1998 virus Nipah pertama kali teridentifikasi di peternakan babi di Malaysia.  Kala itu, beberapa jenis hewan di peternakan menjadi kesulitan bernapas, demam dan kejang.

Menurut World Health Organizations (WHO, ) virus Nipah berasal dari kelelawar buah yang ditularkan ke babi saat penebangan hutan besar-besaran, sehingga mendatangkan populasi kelelawar berpindah ke area peternakan.

Penularan Virus Nipah ke Manusia

Diketahui peternak tersebut tertular dari babi yang terinfeksi virus Nipah. Nah, peternak dapat menularkan ke sesama manusia.

Proses penularan seperti ini yang diduga memicu virus Nipah jadi pandemi. Virus Nipah mampu menular lewat cairan tubuh hewan yang terinfeksi seperti urine, liur, darah

Selain itu, penularan antarmanusia juga bisa lewat kontak dengan pasien yang terinfeksi.

Gejala Infeksi Virus Nipah

Tanda-tanda yang muncul bervariasi di antaranya:

  • Tanpa gejala (asimptomatis)
  • Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA)
  • Ensefalitis fatal

Masa inkubasi virus Nipah sekitar 4-14 hari dan gejala yang muncul mirip dengan flu. Mulai dari batuk, demam, sakit kepala, nyeri tenggorokan, muntah, juga sesak napas. Dalam kasus yang terparah bisa radang otak, sulit fokus, disorientasi, dan gangguan kesadaran.

Baca Juga: Epidemiolog Sebut Virus Nipah Patogenik, Berpotensi Timbulkan Pandemi, Bisakah Menular ke Indonesia?

Editor Video: Joshua Victor 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x