Kompas TV video vod

Kebakaran Padam, Aktivitas di TPA Jatibarang Kembali Normal dan Mulai Terima Sampah

Kompas.tv - 19 September 2023, 12:30 WIB
Penulis : Dea Davina

SEMARANG, KOMPAS.TV - Senin (18/09) siang, kebakaran melanda tempat pembuangan akhir sampah Jatibarang Semarang, Jawa Tengah.

Api diduga bermula dari area pembuangan sampah yang sudah tidak terpakai, dan kemudian menjalar ke lokasi pembuangan sampah yang berada di bawahnya.

Api menyebar dengan cepat karena embusan angin kencang.

Kapolsek Mijen dan jajarannya berusaha membantu mengamankan lokasi, termasuk mengimbau warga untuk segera mengevakuasi hewan ternak mereka.

Sementara itu, Kepala UPT Jatibarang mengaku, sudah berupaya mengantisipasi agar api tidak menjalar ke tumpukan sampah yang mayoritas merupakan tumpukan sampah plastik.

Baca Juga: Kebakaran TPA Jatibarang Padam Setelah 12 Jam, BPBD Terus Upayakan Pendinginan

Namun, dua unit pemadam kebakaran yang dikerahkan tak cukup untuk menjinakkan api.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu yang meninjau lokasi kebakaran menyatakan upaya pemadaman terus dilakukan agar kebakaran tak semakin meluas. 

Selain mengerahkan 8 unit mobil damkar Dinas Kebakaran Kota Semarang, Pemkot Semarang juga meminta bantuan mobil damkar dari sejumlah pihak.

Tangki air dari berbagai instansi juga dikerahkan ke lokasi untuk memasok air guna proses pemadaman dan pendinginan.

Hingga Senin petang, sudah lima hektar area yang terbakar, di dua zona berbeda.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini, namun satu petugas dilaporkan mengalami sesak napas, sehingga harus menjalani perawatan medis.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x