Kompas TV video vod

Pemilik Usaha Penyewaan Jip Wisata Terkena Imbas Kebakaran Bromo

Kompas.tv - 13 September 2023, 16:31 WIB
Penulis : Shinta Milenia

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV - Kebakaran yang melanda kawasan Gunung Bromo membuat Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru harus menutup akses wisata.

Penutupan dilakukan selama proses pemadaman kebakaran yang menghanguskan Padang Savana atau Bukit Teletubis, salah satu destinasi wisata di Gunung Bromo.

Para pemilik jip yang biasa mengantar wisatawan menjadi salah satu pelaku usaha yang terdampak akibat kebakaran ini.

Sejak penutupan wisata Gunung Bromo para pemilik jip terpaksa harus kehilangan pemasukan karena usaha yang mereka jalankan sangat bergantung pada kedatangan wisatawan ke Gunung Bromo.

Salah satu perwakilan Paguyuban Jip Gubugklalah mengaku sejak penutupan Bromo, otomatis para pemilik jip tidak mendapatkan pemasukan.

Beberapa wisatawan yang sudah terlanjur memesan juga membatalkan dan pemilik jip juga harus mengembalikan uang 100%. 

Biasanya rata rata dalam sehari, mobil jip ini bisa membawa penumpang satu kali naik ke Gunung Bromo dengan biaya Rp 800.000, bahkan saat liburan, satu jip bisa 2 kali naik ke Bromo dalam sehari.

Pemilik jip berharap, kebakaran yang terjadi di kawasan Gunung Bromo bisa segera teratasi dan jalur wisata bisa kembali dibuka.

Jika penutupan terlalu lama hal tersebut membuat pemilik jip kesulitan mencari penghasilan.

Di pintu masuk kawasan Bromo melalui Jemplang Kabupaten Malang sendiri ada sekitar 680 jip yang kini menganggur mengantar wisatawan menuju Bromo.

Baca Juga: Meski Kebakaran di Gunung Bromo Sudah Padam, Polisi Tetap Lanjutkan Penyidikan

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x