Kompas TV video vod

Ketua ASEAN BAC Jabarkan Roadmap ASEAN Menuju 2045, Fokus Pertemukan Sektor Privat dan Pemerintah

Kompas.tv - 5 September 2023, 12:40 WIB
Penulis : Dea Davina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam gelaran ASEAN Business Investment Summit tahun 2023, Ketua ASEAN BAC Arsjad Rasjid memperkenalkan nilai-nilai gotong royong dan Bhinneka Tunggal Ika yang merupakan kekhasan bangsa Indonesia.

Selain memperkenalkan budaya bangsa, Arsjad juga menjabarkan roadmap ASEAN menuju 2045.

Roadmap menuju 2045 tentu akan dinamis kedepannya, namun fokus utama adalah ASEAN bisa mempertemukan sektor privat dan pemerintah.

Dalam forum strategis ini, turut mengundang pakar dan ahli dari dalam dan luar negeri.

Yang tentu memberikan gambaran serta perspektif terkait perekonomian global.

Salah satu pembicara asing yaitu Secretary General Of The International Chamber Of Commerce, John Denton, sangat optimis terkait perekonomian ASEAN yang terus bertumbuh maju.

Baca Juga: Jelang KTT ASEAN Ke-43, Jokowi Terima Kunjungan Presiden Bank Dunia

Salah satu yang menjadi prioritas adalah pertumbuhan di sektor swasta yang sekarang sudah mulai bangkit dari keterpurukan pasca covid-19 di seluruh dunia.

Hari kedua acara kembali digelar di Hotel Sultan, Senayan.

Sejumlah tokoh pemimpin dan bisnis dari negara-negara dari seluruh dunia turut hadir, seperti Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao, serta Perdana Menteri Vietnam, Pham Minh Cinh.

Ketua ASEAN-BAC 2023 sekaligus Ketua Kadin Arsjad Rasjid menyebutkan, meski proses masih berjalan, hasil dari kerjasama ASEAN sudah semakin terlihat.

Menurut Arsjad, Indonesia menawarkan fokus gotong royong kepada ASEAN dan dunia untuk memantik pertumbuhan ekonomi dan menjamin kesejahteraan.

Selain itu, Duta Besar Unicef untuk Asia Timur dan Pasifik Choi Siwon menegaskan pentingnya untuk berinvestasi dalam pendidikan anak muda sebagai generasi masa depan penerus.

Di penghujung acara, Indonesia menyerahkan tongkat kepemimpinan ABIS kepada Laos yang akan menjadi tuan rumah ASEAN pada tahun 2024 mendatang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x