Kompas TV video vod

Ada 2 Poin Kesalahan Design LRT, Berikut Hasil Tinjauan Wakil Menteri BUMN

Kompas.tv - 3 Agustus 2023, 20:31 WIB
Penulis : Shinta Milenia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menjamin jembatan lengkung panjang atau Longspan LRT Gatot Subroto - Kuningan aman.

Kementerian PUPR juga telah mengasesmen Longspan tersebut.

Ada 2 hal yang disoroti dalam hal ini, yakni yang pertama mengenai jembatan lengkung panjang atau Longspan LRT Gatot Subroto - Kuningan.

Berdasarkan temuan dan tinjauan dari Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo bahwa ada jarak yang terlalu sempit dan jika design tetap dipertahankan, maka kecepatan LRT bisa mencapai 20 km/jam.

Kemudian yang kedua terkait spesifikasi kereta yang dibangun oleh PT INKA.

Ada keluhan kereta-kereta tersebut memiliki spesifikasi yang berbeda-beda sehingga ada peningkatan cost atau biaya dalam proses penyusuanan software LRT, hal inilah yang disebut-sebut menyalahi design dimana ada beberapa hal yang tidak sesuai.

Menhub Budi Karya Sumadi meyakini bahwa asesmen terhadap longspan sudah dilakukan.

Menhub menyatakan pembukaan dilakukan usai uji coba dinyatakan berhasil.

Baca Juga: LRT Jabodebek Belum Sampai Bogor, Jokowi: Baru Tahap Pertama, Mestinya Enggak Hanya Sampai Cibubur

 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.