Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

LRT Jabodebek Belum Sampai Bogor, Jokowi: Baru Tahap Pertama, Mestinya Enggak Hanya Sampai Cibubur

Kompas.tv - 3 Agustus 2023, 14:29 WIB
lrt-jabodebek-belum-sampai-bogor-jokowi-baru-tahap-pertama-mestinya-enggak-hanya-sampai-cibubur
Presiden Joko Widodo mengatakan, pembangunan LRT Jabodebek akan dilanjutkan sampai Bogor. Tapi untuk tahap awal, baru sampai Stasiun Harjamukti, Depok yang berbatasan dengan wilayah Cibubur, Jakarta Timur (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan pembangunan LRT Jabodebek akan dilanjutkan sampai Bogor. Tapi untuk tahap awal, baru sampai Stasiun Harjamukti, Depok yang berbatasan dengan wilayah Cibubur, Jakarta Timur. 

"Jadi ini kan baru tahap pertama, mestinya enggak hanya sampai di Cibubur tapi sampai di Bogor. Kemudian yang arah Bekasi juga sama, juga mungkin yang ke arah Depok, Tangerang semuanya. ini memang baru tahap pertama," kata Jokowi usai mengikuti uji coba LRT Jabodebek di Stasiun Dukuh Atas, Jakarta Selatan, Kamis (3/8/2023).

Jika pembangunan dari Cibubur akan diteruskan ke Bogor, yang di Stasiun Jatimulya Bekasi akan diteruskan hingga ke Karawang. Sedangkan untuk wilayah Tangerang, pemerintah sedang merencanakan pembangunan MRT hingga ke Balaraja. 

Baca Juga: Kekurangan LRT Jabodebek Pasti Diperbaiki, Jokowi: Jangan Senang Cari-Cari Kesalahan

Diberitakan Kompas.tv sebelumnya, Pemkot Bogor sedang mulai membenahi transportasi umum di wilayahnya, sebagai persiapan jika nanti pembangunan LRT sudah sampai ke Bogor. 

Seperti dengan menghapus angkot per 31 Desember 2023, pengadaan Biskita Transpakuan, dan rencana pengadaan trem. 

Tadinya, Pemkot Bogor sudah menyediakan lahan untuk stasiun LRT di Baranangsiang. Tapi saat ini, Pemkot Bogor baru bisa menyediakan bus pengumpan berupa Biskita Transpakuan, yang mengakut penumpang dari Bogor ke Stasiun Harjamukti. Layanan itu diluncurkan dan mulai diujicoba pada Senin (24/7) lalu. 

Baca Juga: INKA Sebut Kereta LRT Jabodebek Sudah Sesuai Spesifikasi Teknis KAI

Direktur Utama (Dirut) Perumda Trans Pakuan Kota Bogor Rachma Nissa Fadliya mengatakan, layanan uji coba LRT tersebut berlaku dari 24 Juli-4 Agustus 2023. Selama masa uji coba, hanya ada dua unit bus Transpakuan yang dioperasionalkan. 

"Karena segmentasi kita adalah pekerja jadi waktu operasionalnya itu dari hari Senin sampai Jumat. Pagi berangkat dari Bogor, sore berangkat dari Jakarta," kata Rachma seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (26/7).

Warga Bogor yang mau ke Harjamukti, bisa naik Biskita dari Baranangsiang dan Terminal Bubulak. Tarif yang dikenakan selama masa uji coba feeder LRT Jabodebek ini sebesar Rp 15.000. 

Baca Juga: Pintu Kereta LRT Jabodebek Masih Belum Pas dengan Pintu Stasiun di Hari Jokowi Lakukan Uji Coba




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x