Kompas TV video vod

Dalam Sehari, Puan Maharani Temui Ketum Golkar dan PKB Bahas Koalisi

Kompas.tv - 28 Juli 2023, 15:26 WIB
Penulis : Shinta Milenia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Di tengah isu adanya Munas Luar Biasa, Airlangga Hartarto Ketua Umum Golkar, Kamis (27/7/2023) kemarin bertemu Puan Maharani, Ketua DPP PDI Perjuangan.

Tak cuma Airlangga yang bertemu Puan, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa yang berkoalisi dengan Gerindra mengusung bakal Capres Prabowo Subianto juga menemui Puan yang punya bakal Capres Ganjar Pranowo.

Asal muasalnya adalah sejumlah politisi senior Golkar yang ingin ada Musyawarah Nasional Luar Biasa di tubuh partai beringin itu.

Salah satunya mengganti arah partai di Pemilu 2024, dari yang tadinya mencalonkan sang Ketua Umum Airlangga Hartarto sabagai bakal Calon Presiden atau bakal Calon Wakil Presiden menjadi arah baru yaitu bergabung dengan koalisi pilpres yang telah ada.

Bila terjadi Munas Luar Biasa, kemungkinan yang terjadi adalah penggantian Ketua Umum Golkar seperti yang pernah terjadi pada 2017.

Marzuki Darusman, Politisi Senior Golkar dan Jaksa Agung periode 1999-2001 menilai isu Munaslub hanya dinamika Golkar sebagai partai politik.

Marzuki menyarankan ketimbang menggelar munas luar biasa, lebih baik Golkar mulai mengubah arah politik menjadi swing party yang bisa diperebutkan koalisi bakal capres yang sudah ada.

Seperti mendengar saran Marzuki, Kamis (27/7/2023) kemarin, Airlangga Hartarto menjamu Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani di rumahnya di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Puan Maharani dalam sehari menemui kedua partai yang tengah menanti kepastian posisi dalam koalisi Pilpres 2024.

Sebelum bertemu Airlangga, Puan menemui dulu Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa.

Usai pertemuan, Cak Imin memberi sinyal ke publik bahwa bisa jadi PKB pindah koalisi ke PDI Perjuangan.

Cak Imin saat ini sudah mengikat koalisi dengan Prabowo Subianto yang diusung jadi bakal capres oleh Partai Gerindra.

Tapi PKB telah memaklumatkan Ketua Umumnya Muhaimin Iskandar menjadi bakal capres atau bakal cawapres.

Baca Juga: Unik! Edy, Warga Sidoarjo Jual Minyak Goreng Curah Pakai Mesin Pompa Bensin

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x