Kompas TV video vod

Tanggapi Usulan Prabowo, Keluarga Keturunan Pangeran Diponegoro Tolak Makam Dipindahkan!

Kompas.tv - 15 Juli 2023, 21:16 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KOMPAS.TV - Bakal Capres Prabowo Subianto usul Makam Pahlawan Nasional Pangeran Diponegoro di Makassar, Sulawesi Selatan dipindahkan ke kampung halamannya di Yogyakarta.

Usul Pemindahan Makam Pangeran Diponegoro dari Makassar ke kampung halamannya di Yogyakarta disampaikan Prabowo dalam Forum Asosiasi Pemerintah Kota Se-Indonesia di Makassar, Kamis (13/7/2023).

Prabowo bilang dengan izin masyarakat Sulawesi Selatan tak ada salahnya makam Diponegoro dipindahkan karena puluhan tahun Pangeran Diponegoro berada dalam pengasingan, sementara saat ini Indonesia sudah merdeka.

Menanggapi usulan Prabowo Subianto memindahkan makam Pangeran Diponegoro, keturunan generasi kelima Pangeran Diponegoro di Makassar menolak makam dipindahkan.

Selain karena sudah jadi cagar budaya nasional, keluarga juga beralasan keinginan dimakamkan di Makassar merupakan wasiat Pangeran Diponegoro sendiri.

Untuk itu, keluarga meminta semua pihak menghormati wasiat Pangeran Diponegoro.

Gubernur DIY yang juga Raja Kesultanan Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X juga tak sependapat dengan usulan Prabowo untuk memindahkan makam Pangeran Diponegoro dari makassar ke kampung halamannya di Yogyakarta.

Menurut Sri Sultan, makam Diponegoro tak perlu dipindahkan karena selama ini telah dihargai dan dijaga oleh masyarakat Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Kejaksaan Agung Telusuri Sumber Rp 27 Miliar dari Korupsi BTS Kominfo!

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x