Kompas TV video vod

Pencarian Rihana-Rihani Selesai, Pelaku Ditemukan di Apartemen Kawasan Tangerang

Kompas.tv - 5 Juli 2023, 17:02 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia | Editor : Aditya Pramana

TANGERANG, KOMPASTV - Pelarian pelaku penipuan Iphone Rihana-Rihani berakhir sudah. Keduanya diciduk polisi di sebuah apartemen di Kawasan Tangerang, Banten satu tahun setelah mereka resmi dilaporkan ke polisi.  

Polisi juga mengatakan, ada sosok informan yang diduga membocorkan operasi penangkapan pada kedua tersangka.

Si kembar penipu Rihana dan Rihani akhirnya diciduk polisi. Lama buron, akhirnya keduanya ditangkap penyidik direktorat reserse kriminal umum Polda Metro Jaya di sebuah apartemen di Kawasan Tangerang,  Banten Selasa pagi.

Rihana Rihani resmi dilaporkan ke polisi 22 Juni 2022 dan masuk dalam daftar pencarian orang.

Ada yang menarik dalam penangkapan si kembar Rihana Rihani. Polisi mengatakan ada pihak yang membocorkan penangkapan si kembar Rihana Rihani, sehingga ada kemungkinan keduanya lolos kembali. Ini sekaligus  menjawab pertanyaan tak diikutserakannya polwan dalam penangkapan.

Si kembar Rihana Rihani kini terancam pasal berlapis. Polisi menyebut pasal yang bisa mnejerat keduanya, di antaranya penipuan dan pengelapan, dan undang-undang ITE karena dalam menjerat korban tersangka menggunakan media sosial.

Total kerugian para korban yang merupakan reseller iphone bahkan ditaksir mencapai Rp 35 miliar.

Polisi menyebut ada 17 laporan dari orang yang menjadi korban penipuan Rihana Rihani hingga Mei 2023.

Polisi memerinci modus preorder Iphone Rihana Rihani. Setiap reseller bisa mendapat potongan harga hingga Rp 500 ribu per unit. Korban diharuskan membayar penuh. Namun barang yang dipesan dijanjikan tiba dalam waktu 2 pekan.

Terkait kasus yang menjerat Rihana-Rihani, PPATK meng-ungkap adanya mutasi rekening dengan jumlah fantastis mencapai Rp 86 miliar. Saat ini, PPATK telah memblokir rekening keduanya dan telah berkoordinasi dengan polisi.

Kepala Biro Humas PPATK dalam program sapa indonesia pagi menyebut kecil kemungkinan korban bisa mendapat uang mereka kembali.

Rekam jejak kejahatan si kembar Rihana Rihani tak hanya penipuan Iphone.  Keduanya juga dilaporkan atas kasus penggelapan mobil rental pada Januari tahun ini.

Baca Juga: Begini Nasib Uang Korban Penipuan Iphone Rihana-Rihani Hingga Kemungkinan Tersangka Baru

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x