Kompas TV video beginu

Sugeng Handoko, Gunung Purba Nglanggeran, dan Desa Wisata yang Lestari | BEGINU

Kompas.tv - 14 Juni 2023, 16:04 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sugeng Handoko, adalah sosok di balik dikenal luasnya Gunung Purba Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta.

Kegigihan Sugeng mengembangkan Nglanggeran menjadi desa wisata berawal dari Karang Taruna desa untuk merawat air dan lingkungan. Alam desa yang terawat bersama masyarakat setempat membawa manfaatnya yang dapat dirasakan secara luas. 

Sugeng menyebutkan, merawat lingkungan adalah bagian dari proses membangun kewirausahaan sosial yang bertujuan menjaga dan meningkatkan kearifan lokal di desa.

Sugeng mengatakan, seringkali desa wisata salah kaprah diupayakan. Banyak desa yang secara potensi tidak memadai memaksakan diri untuk menjadi desa wisata.

Pemahaman potensi desa harusnya menjadi pijakan untuk pengembangannya. 

Simak obrolan Sugeng Handoko dari Desa Wisata Nglanggeran bersama Wisnu Nugroho di @Beginu Season 7 Episode 2 hanya di Youtube Kompas.com.

Dengarkan podcast BEGINU di Spotify melalui https://bit.ly/beginupodcast 

#beginu #wisnunugroho #sugenghandoko #thelestarist #kcm #jernihmelihatdunia

Baca Juga: Seniman Keroncong Kota Semarang Gelar Pentas Musik untuk Melestarikan Kebudayaan

 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.