Kompas TV video vod

10 Hakim Wanita Delegasi MA Republik Indonesia Hadiri IAWJ di Maroko - MA NEWS

Kompas.tv - 9 Juni 2023, 13:36 WIB

MAROKO, KOMPASTV - Sepuluh hakim wanita delegasi dari Mahkamah Agung Republik Indonesia menghadiri konferensi ke-16 ''International Association Of Women Judges'' atau IAWJ di Marrakesh Maroko pada 11 hingga 14 Mei 2023.

Konferensi tahun ini bertema "Hakim Perempuan: Capaian Dan Tantangannya"

Dalam konferensi dibahas mengenai kepemimpinan dan peran hakim perempuan dalam mewujudkan peradilan yang beragam dan inklusif.

Pemulihan korban dalam penanganan perkara kekerasan berbasis gender dan perdagangan orang. Selain itu, dibahas juga soal keberagaman dalam badan peradilan.

Delegasi hakim wanita ini dipimpin oleh Hakim Agung Ma, Nani Indrawati beserta anggota lainnya yang di antaranya terdiri dari, Satu Hakim Agung Ma, Tama Ulinta Br Tarigan, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Riau, Diah Sulastri Dewi. Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Kepulauan Riau, Lelita Dewi.

Juga Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Bandung Oenoen Pratiwi dan Hakim Yustisial Panitera Pengganti pada MA RI Rosana Kesuma Hidayah.

Di hadapan Hakim wanita dari 42 negara, Nani menyampaikan dalam pidato dengan topik "Keberagaman Di Pengadilan".

Tentang Upaya Menerapkan Kesetaraan Gender di Mahkamah Agung RI, baik dalam pengisian jabatan maupun beban kerja hakim perempuan di Indonesia.

Selain itu disebut juga, Pimpinan Mahkamah Agung Indonesia terus berupaya mengambil kebijakan yang sesuai dengan peran sosial dan domestik yang melekat pada hakim perempuan.  

Saat ini IAWJ adalah satu-satunya organisasi yang menjadi wadah aktivisme hakim-hakim perempuan dari seluruh dunia. Embrio pembentukan IAWJ muncul dalam pertemuan 50 orang hakim perempuan dari 42 negara yang diundang untuk menghadiri konferensi dan hari jadi ke-10 asosiasi hakim perempuan Amerika pada tahun 1989.
 

Baca Juga: Ketua MA Sambut Kedatangan Gubernur Negara Bagian New South Wales, Margaret Beazley! - MA News

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x