Kompas TV video vod

Ketua MA Sambut Kedatangan Gubernur Negara Bagian New South Wales, Margaret Beazley! - MA News

Kompas.tv - 6 Juni 2023, 13:21 WIB
Penulis : Aisha Amalia Putri

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Mahkamah Agung menerima Gubernur Negara Bagian New South Wales, Australia, Margaret Beazley beserta rombongan.

Dalam kunjungan kerja ke Mahkamah Agung, Ketua MA, M Syarifuddin menyambut kunjungan Margaret, didampingi Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Sunarto, beserta jajaran hakim agung dan pejabat eselon satu.

Gubernur Margaret menjelaskan kunjungan ini bertujuan memperkuat hubungan diplomatik, perdagangan dan hubungan antar masyarakat New South Wales dengan Indonesia.

Kedua pihak saling bertukar pengalaman menangani permasalahan hukum selama masa pandemi.

Gubernur Margaret yang sebelumnya pernah menjabat sebagai hakim menyatakan, pandemi membuat pengadilan di New South Wales meningkatkan penggunaan IT dalam proses penyelesaian perkara.

Berdasarkan pengalaman inilah, kedua pihak akan terus memanfaatkan IT sebagai bagian dari proses penyelesaian perkara dan memudahkan masyarakat dalam mencari keadilan.

Pemanfaatan teknologi yang diterapkan Mahkamah Agung sudah dimulai bahkan sebelum pandemi covid 19 muncul.

Mahkamah Agung sudah memanfaatkan IT sebagai pendukung dalam menyebarkan informasi hukum dan penyelesaian perkara persidangan.

Pada tahun 2018, Mahkamah Agung telah meluncurkan E-Court sebagai wujud peradilan modern berbasis IT, yang disempurnakan pada 2019 dengan kemunculan E-litigation.

Untuk mendukung administrasi berkas perkara, Mahkamah Agung menciptakan aplikasi E – Berpadu, yang dapat digunakan bersama oleh polri, kejaksaan, KPK dan Ditjen Pemasyarakatan.

Ketika pandemi terjadi, Mahkamah Agung memfasilitasi pengadilan-pengadilan di bawahnya agar bisa bersidang tanpa adanya kontak fisik, yang bahkan bisa dimanfaatkan hingga saat ini.

Baca Juga: Ketua MA dan Menkumham Resmi Tutup Acara Paralegal Justice Award 2023 - MA NEWS

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x