Kompas TV video vod

Tradisi Pindapata, Umat Budha Denpasar Menunggu di Pinggir Jalan, Berderma Makanan ke Para Biksu

Kompas.tv - 2 Juni 2023, 14:14 WIB
Penulis : Shinta Milenia

DENPASAR, KOMPAS.TV - Jelang Perayaan Waisak 2567, Minggu (4/6/2023), umat Budha di Denpasar Bali melangsungkan Tradisi Pindapata dengan berderma makanan sebagai ucapan terima kasih kepada para biksu.

Berjalan sejauh 4 kilometer, 4 biksu dari Wihara Budha Sakyamuni ini memperoleh derma dari para umat Budha yang telah menantinya melintas di Jalan Gunung Agung Denpasar, Kamis (1/6/2023) pagi.

Warga menunggu dipinggir jalan dengan memberi sejumlah makanan, buah, minuman dan juga vitamin kepada para biksu yang melintas sebagai wujud toleransi antar umat sangat kental terlihat dalam Tradisi Pindapata di Denpasar kali ini.

Selain umat Budha, umat lain juga turut berderma kepada para biksu yang akan mengakhiri perjalananya di Wihara Budha Sakyamuni.

Pindapata adalah  tradisi yang dilakukan umat Budha menjelang Perayaan Hari Trisuci Waisak.

Saat pindapata seorang bhiksu dilarang untuk mengemis, namun ketika menerima derma dari warga maka para biksu wajib mendoakannya agar memperoleh berkah melimpah.

Tradisi Pindapata atau mempersembahakan makanan kepada para biksu di Denpasar ini kembali digelar setelah 3 tahun ditiadaka  akibat Covid-19.

Tradisi ini sebagai bentuk berbuat kebajikan melalui persembahan kebutuhan pokok kepada para biksu.

Selain untuk kebutuhan biksu makanan juga akan disumbangkan ke Panti Asuhan dan warga kurang mampu.

Baca Juga: Demi Dukung Palestina, Verviers Jadi Kota Belgia Kedua yang Putus Hubungan dengan Israel

 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA


Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.