Kompas TV video vod

Hadiri HUT Lemhanas, Megawati Kritik Pembentukan Kodam Baru: Memang Kita Mau Perang?

Kompas.tv - 21 Mei 2023, 16:17 WIB
Penulis : Ikbal Maulana

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden ke-5 Indonesia Megawati Soekarnoputri kritik rencana pembentukan Komado Daerah Militer atau Kodam di beberapa tempat.

Hal itu disampaikan Megawati saat memberikan sambutan di acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas RI) di Jakarta, Sabtu (20/5/2023).

Megawati mengatakan bahwa Indonesia tidak dalam kondisi perang sehingga pembentukan Kodam dinilai tidak begitu mendesak.

“Kalau angkatan darat ya bukan mengecilkan lagi, biar mau dibuat, mau dibikin lagi Kodam, Kodam. Saya suka ingat, suka lupa, katanya mau dibuat di tiap tempat Kodam. Pak sudahlah dulu pak, ini nggak ada perang, satu. Lalu kedua apa memang kita mau perang, kan nggak,” ujarnya.

Selain itu, Ketua Umum PDI Perjuangan itu mengatakan bahwa hal itu berakitan dengan bentuk Indonesia sebagai negara kepulauan. Hal tersebut sempat disampaikan saat berbincang dengan KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Baca Juga: Megawati ‘Sentil’ Pertahanan Indonesia di HUT Lemhanas: Alutsista hingga Pembentukan Kodam Baru

“Sampai saya bilang sama Pak Dudung, saya sampai bilang begini. Pak kalau kita umpamanya mau ada serangan ya, belum masuk tuh, apa itu kapal laut, pesawat yang maju dulu siapa, aku sampai bilang gitu, memangnya angkatan darat, ya nggak lah,” ujar Megawati.

Video Editor: Bara Bima



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x