Kompas TV video vod

Jokowi Resmi Tutup KTT ASEAN 2023, Penyelesaian Konflik Myanmar Jadi Satu Kesepakatan

Kompas.tv - 12 Mei 2023, 14:00 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

NTT, KOMPASTV - Presiden Jokowi resmi menutup KTT ke-42 ASEAN. Penyelesaian konflik Myanmar menjadi salah satu kesepakatan bersama para pemimpin ASEAN.

Indonesia dan para pemimpin ASEAN membahas isu politik, keamanan, dan kerja sama ekonomi kawasan.

Presiden Joko Widodo menegaskan, pemimpin ASEAN sepakat memperkuat perlindungan pekerja migran, memberantas perdagangan orang, dan menindak tegas para pelaku. Konflik Myanmar juga menjadi perhatian para pemimpin ASEAN.

“Alhamdulillah KTT ke-42 ASEAN telah berhasil diselenggarakan dengan lancar dan dengan hasil yang baik. Pertama, kepentingan rakyat menjadi perhatian penting para leaders termasuk perlindungan pekerja migran dan korban perdagangan manusia dan saya mengajak negara ASEAN menindak tegas pelaku-pelaku utamanya," jelas Jokowi.

"Kedua terkait Myanmar pencideraan terhadap nilai-nilai kemanusiaan tidak bisa ditoleransi. Kita sudah meng-engage yang ada di Myanmar untuk mencari solusi-solusi. Mendorong terciptanya dialog dan disana banyak sekali pihak yang terlibat, banyak kepentingan yang terlibat sehingga kita akan memperbanyak dialog sebanyak-banyaknya ” Lanjutnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sampaikan Hasil KTT ke-42 ASEAN 2023

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x