Kompas TV regional berita daerah

Presiden Jokowi Sampaikan Hasil KTT ke-42 ASEAN 2023

Kompas.tv - 12 Mei 2023, 11:09 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LABUAN BAJO, KOMPAS.TV – Presiden Jokowi mengumumkan hasil Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, NTT hari ini, Kamis (11/5/2023).

Jokowi didampingi Mensesneg Pratikno dan Menlu Retno LP Marsudi.

Dalam kesempatan ini, Jokowi menyampaikan bahwa dalam agenda KTT ke-42 ASEAN, dirinya mengajak para leader berlayar naik Kapal Pinisi menikmati senja di Labuan Bajo, NTT.

Hal tersebut karena jokowi menganggap ASEAN merupakan satu keluarga yang memiliki ikatan yang sangat kuat.

Mengenai hasil KTT ke-42 ASEAN,  yang pertama hal yang menyentuh kepentingan rakyat menjadi perhatian penting para leaders, termasuk perlindungan pekerja migran dan korban perdagangan manusia.

Jokowi mengajak negara-negara ASEAN untuk menindak tegas pelaku-pelaku utamanya.

Yang kedua terkait Myanmar, pencederaan terhadap nilai-nilai kemanusiaan tidak bisa ditoleransi dan five point consensus memandatkan ASEAN harus engage dengan semua stakeholders.

Inklusivitas harus dipegang kuat oleh ASEAN karena kredibilitas ASEAN sedang dipertaruhkan.

“Tidak boleh ada pihak di dalam atau di luar ASEAN yang mengambil manfaat dari konflik internal di Myanmar, kekerasan harus dihentikan dan rakyat harus dilindungi,” ujar Jokowi.

Yang ketiga terkait penguatan kerja sama ekonomi.

ASEAN sepakat untuk membangun ekosistem mobil listrik dan menjadi bagian penting dari rantai pasok dunia sehingga hilirisasi industri menjadi kunci.

Selain itu, implementasi transaksi mata uang lokal dan konektivitas pembayaran digital antar negara sepakat untuk diperkuat.

Hal tersebut sejalan dengan tujuan sentralitas ASEAN supaya ASEAN semakin kuat dan semakin mandiri itu yang ingin saya sampaikan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x