Kompas TV video vod

[FULL] Penjelasan Lengkap Mahfud MD Soal Transaksi Janggal Rp 349 triliun di Kemenkeu

Kompas.tv - 20 Maret 2023, 21:49 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengatakan transaksi mencurigakan dari PPATK ke Kemenkeu bukan hanya Rp 300 Triliun. 

"Ini bukan laporan korupsi, tapi laporan tentang dugaan tindak pidana pencucian uang yang menyangkut pergerakan transaksi mencurigakan. Saya waktu itu sebut Rp 300 triliun, sesudah diteliti lagi transaksi mencurigakan itu, ya lebih dari itu, Rp 349 triliun,”jelas Mahfud di kantor Kemenko Polhukam. Senin (20/3/2023).

Usai pertemuan dengan PPATK dan Kemenkeu Sri Mulyani, terjadi kesepakatan salah satunya Kemenkeu melanjutkan menyelesaikan laporan hasil analisis yang diduga sebagai TPPU dari PPATK. 

Baca Juga: Menkeu Sri Mulyani: Pegawai Kemenkeu Hanya Sebagian Kecil dari Transaksi Rp349 Triliun

Lebih lanjut Mahfud mengatakan apabila dari pelaporan pencucian uang ditemukan tindak pidana, LHA akan ditindak lanjut oleh Kemenkeu sebagai tindak pidana asal.  

Mahfud meminta masyarakat tidak berasumsi transaksi Rp 349 triliun dilakukan pegawai Kemenkeu. 

"Jadi jangan langsung berasumsi 'wah, Kementerian Keuangan korupsi Rp 349 triliun, enggak! Ini transaksi mencurigakan dan banyak melibatkan orang luar, orang yang punya sentuhan-sentuhan dengan, mungkin, orang Kementerian Keuangan," kata Mahfud.

Video Editor: Febi Ramdani
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x