Kompas TV video vod

Pemprov Jabar Bantu Desain Kemasan Produk UMKM

Kompas.tv - 21 Oktober 2022, 17:37 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Pengusaha kecil di Jawa Barat kini tak pusing lagi untuk membuat kemasan.

Mereka dibantu pemerintah setempat untuk membuat desain produk agar bisa bersaing di pasar internasional.

Industri kecil menengah ataupun UMKM/ termasuk ekonomi kreatif, tak dapat dipungkiri kini menjadi salah satu penopang pembangunan ekonomi di Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau pengembangan industri perkulitan Garut agar menekankan industri kecil menengah untuk terus belajar dan berubah, sehingga tidak ketinggalan perkembangan zaman.

Ridwan Kamil akan mengupayakan penyediaan informasi dan rekomendasi mengenai desain dan tren terbaru yang dapat diikuti oleh industri kecil menengah.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan, turut mengembangkan industri kecil menengah, termasuk dari sisi desain kemasan produk.

Salah satu unit  yang ada di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat adalah IPOK, atau Industri Pangan Olahan dan Kemasan yang membantu industri kecil menengah secara desain maupun produksi.

Selain pengembangan dari kemasan produk, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat juga turut memperkuat industri kecil menengah dari sisi kelembagaan, produksi dan pembiayaan, agar para industri kecil menengah, dan unit usaha lainnya dapat memenuhi standar yang baik dan lebih berdaya saing.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x