Kompas TV video sinau

Begini Cara Menjawab Kekurangan & Kelebihan Saat Interview Kerja

Kompas.tv - 7 Agustus 2022, 20:18 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Ternyata tujuan kita diminta untuk menjawab kekurangan dan kelebihan diri sendiri saat wawancara kerja adalah pewawancara ingin memahami, bagaimana pelamar kerja menjalankan perannya saat bekerja.

"Kalau untuk saya: apakah mereka jujur? Apakah mereka punya kesadaran diri? Bisakah mereka bersikap profesional dan dewasa? Apakah mereka adalah seeseorang yang bisa kami ajak berkembang?", beber Angela Smith, Pelatih karir dari Muse sekaligus pendiri Loft Consulting.

Menurut Angela, bagaimana respon dan cara menjawab pelamar kerja, sangat penting, karena dari situ informasi akan didapatkan.

Lantas bagaimana cara menjawab kekurangan & kelebihan saat melamar kerja? Simak informasi berikut yang dilansir dari Kompas.com:

Jujur

Angela memaparkan, kita bakal menjadi karyawan yang lebih baik jika bisa memahami dan memanfaatkan kekuatan diri sendiri serta belajar dari kelemahan diri kita.

Bercerita

Angela menegaskan, bicarakan tentang momen-momen di mana kekuatan diri kita dapat membantu atau kapan kelemahan kita bisa menghambat pekerjaan.

Kaitkan dengan Pemahaman Lebih Lanjut

Sampaikan pada pewawancara, bagaimana kemampuan juga kekuatan diri kita akan berguna untuk posisi khusus di perusahaan.

Singkat

Fokus & singkat pada satu atau dua kekurangan dan kelebihan.

Jangan Tegang

Angela mengingatkan, ini adalah bagian kecil untuk mengaitkan sebuah data dengan banyak data lainnya. Jadi santai saja, tidak perlu tegang.

Baca Juga: Lowongan Pekerjaan PT Djarum, Ada 11 Posisi, Banyak untuk Fresh Graduate!

Editor Video & Grafis: Dimas WPS



Sumber : Diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x