Kompas TV video vod

Start Up Binaan ITB, Karla Bionics Ciptakan Tangan Palsu Prostetik untuk Bantu Aktivitas Tunadaksa

Kompas.tv - 18 Juli 2022, 15:15 WIB
Penulis : Shinta Milenia

BANDUNG, KOMPAS.TV - Institut Teknologi Bandung banyak menghasilkan startup di bidang teknologi inovatif, salah satunya Karla Bionics yang membuat tangan palsu prostetik.

Tim yang terlibat dalam pembuatan tangan prostetik ini adalah Dosen Manajemen Rekayasa ITB, Wildan Trusaji serta 2 alumni ITB dari Teknik Elektro, dan Desain Produk yakni Andy Lucky dan Syaiful Hammam.

Mereka berhasil menjadi inovator yang berhasil menciptakan dan mengimplementasikan alat berupa tangan prostetik untuk membantu kehidupan manusia secara langsung, khususnya tuna daksa.

Menurut Wildan Trusaji, tangan ini diperuntukkan untuk tuna daksa dimana seseorang yang kehilangan tangan karena diamputasi.

Baca Juga: Banjir, Ratusan Hektar Bawang di Brebes Terancam Gagal Panen!

Menurutnya, difable yang berarti different able adalah perbedaan seseorang yang jangan sampai disembunyikan.

Oleh karena itu, diharapkan tuna daksa setelah menggunakan tangan dengan disain robotics ini dapat merasa bangga.

Pengaplikasian lengan prostesis K22BP ini dilakukan kepada pengguna produk yang juga seorang tuna daksa, Yayat Supriatna.

Yayat sudah bekerja sama selama 3 tahun dengan Karla Bionics untuk mengembangkan tangan prostetik ini.

Bahkan bersama Yayat, tangan prostetik ini mampu mendapatkan juara 3 pada perlombaan Cybathlon 2022 di Zurich, Swiss.

Yayat Supriatna juga mengatakan, sempat kehilangan harapan hidup ketika kehilangan tangan, namun setelah mendapatkan lengan prostetis ini Yayat percaya bahwa kondisi yang ia alami bukanlah kelemahan.

Saat ini Karla Bionics terus mengembangkan tangan prostetik yang sebelumnya membuat tangan prostetik mekanik, kini sedang mengembangkan tangan prostetik sensorik.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x