Kompas TV video sinau

Bocah Terbakar karena Jajan Ice Smoke, Ini Bahaya Makanan yang Mengandung Nitrogen Cair

Kompas.tv - 15 Juli 2022, 21:20 WIB
Penulis : Dimas Wira P

KOMPAS.TV-Seorang bocah berusia 5 tahun warga Desa Bajang, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur mengalami luka bakar usai membeli jajanan ice smoke.

Saat ice smoke hendak dimakan, jajanan itu tiba-tiba mengeluarkan api dan membakar bocah tersebut. Ice smoke merupakan jajanan es yang dapat mengeluarkan asap lantaran diberi nitrogen cair.

Baca Juga: Mengenal Teleskop James Webb, Mampu Hasilkan Foto Berwarna Pertama Alam Semesta

Guru Besar Ilmu Kimia Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada, Chairil Anwar mengatakan bahwa nitrogen cair tidak mudah terbakar.

Hal tersebut dikarenakan nitrogen cair memiliki suhu yang dingin dan berasap.

"Nitrogen sulit sekali atau hampir tidak mudah terbakar, Nitrogen bisa terbakar ketika sudah berubah menjadi peledak seperti trinitrotoluene (TNT),” ungkap Chairil Anwar.

Meski begitu, lembaga pengawas obat dan makanan Amerika Serikat mengimbau untuk tidak mengonsumsi makanan ini

Makan nitrogen cair bahkan disebut bisa membakar tenggorokan seseorang karena sangat dingin. Dalam kasus ekstrem, mengonsumsi makanan ini juga dapat menyebabkan kerusakan internal pada organ

"Nitrogen dalam bentuk cair, dapat menyebabkan luka bakar pada mulut, kerongkongan dan saluran napas bagian atas, yang bisa mematikan," kata Dr. Robert Glatter, dokter di Lenox Hill Hospital, New York City

Selain itu, orang dengan asma atau penyakit paru-paru yang menghirup uapnya bisa mengalami penyempitan saluran udara. Meskipun kasus seperti ini sangat jarang terjadi di Indonesia, masyarakat disarankan untuk tetap waspada dan hati-hati.

Editor Video & Grafis: Dimas WPS



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x