Kompas TV video sinau

Begini Penjelasan Soal Fenomena Munculnya Embun Es di Dieng

Kompas.tv - 11 Juli 2022, 21:32 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Bila dilihat secara geografis kawasan dataran tinggi Dieng, berada di 6 wilayah administrasi:

  1. Kabupaten Wonosobo
  2. Kabupaten Banjarnegara
  3. Kabupaten Batang
  4. Kabupaten Pekalongan
  5. Kabupaten Temanggung
  6. dan Kabupaten Kendal

Namun, orang-orang atau wisatawan lebih mengenal dataran tinggi Dieng, berada di wilayah Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara.

Kawasan dataran tinggi Dieng terkenal dengan keindahan alamnya, banyaknya lahan sayuran, dan fenomena alam yang menarik.

Seperti fenomena Frost atau embun es, yang muncul hampir setiap tahun

Melansir Bobo.id, Frost yang muncul di kawasan dataran tinggi Dieng, disebabkan oleh tidak adanya hujan, angin yang tenang, serta kelembaban udara yang relatif rendah.

Selain itu, penyebab lainnya adalah, adanya proses pelepasan radiasi panas pada malam hari yang sangat intens dari permukaan tanah.

Beberapa faktor pendukung lainnya adalah, aktifnya musim kemarau dan periode menuju puncak kemarau yang ditandai rendahnya curah hujan.

Dalam masa itu, hembusan angin monsun Australia yang membawa udara kering dan dingin menjadi semakin sering, sehingga suhu jadi lebih dingin dari biasanya.

Tidak adanya awan juga menjadi penyebab radiasi balik gelombang panjang saat malam hari semakin kuat. Dan lebih banyak melepaskan langsung ke atmosfer yang lebih tinggi.

Bahkan, dalam kondisi ini suhu bisa mencapai dibawah 0 derajat celcius.

Pengaruh lainnya, yakni lokasi dan topografi dari beberapa wilayah di Dieng, yang termasuk lereng pegunungan juga menjadi tempat yang umum untuk munculnya embun es.

Baca Juga: 5 Pilihan Wisata Alam di Dataran Tinggi Dieng: Telaga Warna Hingga Kawah Candradimuka

Editor Video & Grafis: Dimas WPS



Sumber : Diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x