Kompas TV video vod

Nikmatnya Makan Ikan Tude Bakar dengan Sambal Dabu-dabu Khas Manado

Kompas.tv - 8 Juli 2022, 16:15 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Kota Manado terkenal dengan beragam kuliner yang menggugah selera. Kuliner yang banyak dicari warga adalah ikan bakar salah satunya ikan tude bakar plus sambal dabu-dabu.

Ikan tude bakar merupakan salah satu jenis kuliner yang banyak diminati warga di Kota Manado, Sulawesi Utara.

Baca Juga: Inovasi Kuliner Olahan Bunga Telang dari Kebun Sekolah

Salah satu tempat yang menyajikan menu ini adalah rumah makan Angel Fish yang berlokasi di Kelurahan Ranomuut, Manado.

Warga mengenal rumah makan yang berdiri sejak awal tahun 2.000 ini sebagai pionir kuliner ikan tude bakar di Kota Manado.

Pemilik rumah makan mengaku ikan tude yang dijual adalah hasil tangkapan sendiri sehingga masih segar saat akan disajikan.

Dalam sehari rumah makan ini bisa menjual hingga 500 ekor ikan tude. Tak hanya ikan tude Angel Fish juga menyajikan beberapa menu ikan laut lainnya.

Proses pembuatan tude bakar diawali dengan merendam ikan dalam air jeruk nipis. Setelah itu ikan dibakar sambil sesekali dilumuri minyak hingga matang.

Salah satu kunci kelezatan kuliner ini terletak pada makanan pendampingnya yaitu sambal dabu-dabu.

Sambal mentah khas manado ini terbuat dari irisan cabai, tomat, dan bawang merah yang kemudian disiram dengan minyak panas.

Meski kuliner ini terlihat sederhana, namun kelezatan ikan tude bakar tak disangsikan lagi. Dagingnya yang gurih sangat pas disantap dengan sambal dabu-dabu dan kangkung tumis.

Selain mengandalkan ikan tude bakar rumah makan ini juga menyajikan berbagai menu lain seperti woku ikan tude yang kaya akan bumbu pilihan, hingga nike goreng sejenis perkedel berbahan dasar olahan tepung dengan ikan nike yang hanya ditemui di Danau Tondano Minahasa.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x