Kompas TV regional berita daerah

Inovasi Kuliner Olahan Bunga Telang dari Kebun Sekolah

Kompas.tv - 20 Juni 2022, 13:58 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Bunga telang yang tumbuh subur di sekitar kebun sekolah ternyata bisa diolah menjadi beragam olahan makanan dan minuman,sperti es krim, steak, dan nasi uduk berwarna keungunan. Semua makanan dan minuman yang dijajakan ini adalah hasil karya olahan siswa Sekolah Nasional Nusaputera Kota Semarang dari tingkat TK hingga SMA/SMK.

Bunga telang yang tumbuh subur di sekitar kebun sekolahan dijadikan bahan dasar olahan makanan dan minuman. Hasil olahannya kemudian dijual dan uangnya untuk tambahan saku siswa.

Pihak Sekolah Nasional Nusaputera sendiri telah mendidik siswa agar menjadi pengusaha sukses, sehingga mereka dilatih dari hulu ke hilir, yakni dari budidaya bunga telang hingga proses pembuatan produk makanan dan minuman hingga pemasarannya.

"Karena banyak manfaatnya ya, masyarakat selama ini belum begitu mengenal bunga-bunga telang. Mereka kadang-kadang masih ragu untuk mengkonsumsi bunga telang. Di sini kita akan menunjukan kepada masyarakat kalo bunga telang itu aman dikonsumsi dan memang manfaatnya banyak sekali," ujar Peni Indaryanti, fasilitator kewirausahaan.

Bunga telang sendiri dipilih karena banyak manfaat yang dimilikinya, mulai dari antioksidan, antiinflamasi, antikanker, antimikroorganisme dan sebagainya. Bunga telang juga terkenal dengan khasiatnya untuk menangkal radikal bebas, diabetes hingga kerusakan hati.

Diharapkan ke depan siswa akan lebih kreatif memanfaatkan bunga telang untuk produk makanan dan minuman yang bergizi dan berkhasiat.

#bungatelang #semarang #sekolahnasionalnusaputera

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x