Kompas TV video vod

Detik-detik Kemunculan Dua Ekor Anoa di Area Pertambangan di Konawe!

Kompas.tv - 18 Juni 2022, 17:50 WIB
Penulis : Dea Davina

KONAWE, KOMPAS.TV - Dua ekor anoa, hewan endemik Sulawesi muncul di area pertambangan di Kecamatan Routa, Kabupaten Konawe, pada 5 juni lalu.

Para pekerja pun dibuat heboh dan langsung mengabadikan hewan yang sangat langka itu dan videonya lalu diunggah di media sosial.

Balai konservasi sumber daya alam atau BKSDA Sulawesi Tenggara yang di konfirmasi membenarkan, hewan yang berada dalam video adalah anoa dataran rendah.

Baca Juga: BKSDA Papua Barat Lepasliarkan 32 Reptil Hasil Penyelamatkan dan Penyelundupan

Anoa keluar dari dalam hutan, diduga karena habitatnya sudah rusak, akibat aktivitas pertambangan yang ada di daerah itu.

BKSDA kini telah berkoordinasi dengan pihak pemilik perusahaan tambang, untuk tidak melakukan tindakan perburuan, dan tidak menyakiti hewan endemik Sulawesi itu.

Anoa dengan nama latinnya Bubalus Sp ini merupakan hewan endemik yang hanya ditemukan di Pulau Sulawesi dan biasanya lebih suka hidup menyendiri.

Data BKSDA keberadaan anoa di Sulawesi Tenggara, kini sudah hampir punah, dan hanya tinggal 300 ekor yang tersebar, di 12 daerah konservasi dan margasatwa.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x