Kompas TV video vod

Tradisi Gentong Haji, Keluarga Jemaah Haji Sediakan Minum untuk Warga yang Melintas

Kompas.tv - 12 Juni 2022, 18:15 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Ada tradisi unik di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat yang terus dilestarikan secara turun temurun saat bulan haji tiba.

Keluarga jemaah haji menyediakan gentong berisi air yang diletakkan di depan rumah. Para warga yang melintas bisa minum air ini sepuasnya.

Baca Juga: Ramai Soal Waktu Tunggu Haji, Ada yang Hampir Seabad!

Beginilah suasana tempat tinggal pasangan suami istri Nurdin dan Suripah di Desa Getasan, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon.

Pasangan suami istri ini merupakan jemaah haji tahun ini. Setelah keduanya berangkat ke tanah suci putranya melanjutkan tradisi gentong haji untuk kedua orang tuanya. setiap pagi gentong ini dibersihkan dan diisi air minum.

Gentong lalu ditutup dengan anyaman bambu berbentuk kerucut agar debu tidak masuk.

Warga yang melintas dan mengetahui berulang kali menyempatkan minum air gentong haji ini.

Mereka berharap mendapatkan keberkahan sekaligus berdoa agar diberikan kesempatan yang sama untuk bisa ibadah ke tanah suci kelak seperti pemilik rumah.

Gentong haji bermakna sedekah air yang dilakukan keluarga jemaah haji, tetangga serta orang yang melintas dipersilakan minum air gentong haji secara gratis.

Diharapkan melalui sedekah air ini, kedua orang tua yang sedang melaksanakan ibadah haji merasa tenang, adem dan fokus meski di tengah cuaca yang ekstrem.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x