Kompas TV video vod

Masjid Ramlie Musofa, Taj Mahal-Nya Indonesia di Kawasan Sunter

Kompas.tv - 26 April 2022, 07:20 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Jika Anda berkunjung ke kawasan Sunter tepatnya di Jalan Danau Sunter Raya Selatan, Jakarta Utara, Masjid Ramlie Musofa ini akan mudah Anda temui.

Bangunannya yang ikonis menyerupai bentuk masjid Taj Mahal di India menarik perhatian para jemaah atau wisatawan yang melintas.

Masjid Ramlie Musofa pada 2016 diresmikan langsung oleh pemilik Masjid Ramli Rasidin dan Imam Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar. Nama masjid diambil dari singkatan nama anggota keluarga yang membangun masjid ini.

Ramli Rasidin yang berstatus muallaf sejak dulu bercita-cita membangun masjid.

Baca Juga: Toleransi, Masjid dan Gereja Berdiri Berdampingan

Ketika memiliki kemampuan untuk membangun Masjid Ramli Rasidin pun membangun masjid yang memiliki desain seperti Taj Mahal.

Alasannya sederhana, jika Taj Mahal adalah simbol cinta Raja Mughal kepada istrinya masjid ini juga dibangun sebagai wujud cinta pemiliknya terhadap keluarga dan agama islam.

Secara tampak luar, meski didominasi dengan warna cat putih jemaah masjid akan disuguhkan aksen hitam di beberapa bagian masjid.

Salah satunnya di bagian tangga, di bagian ini jemaah disambut terjemahan ayat dari Surat Al Fatihah atau surat pertama dalam Al Quran, bukan tulisan berbahasa Arab melainkan tulisan berbahasa Mandarin dan berbahasa Indonesia.

Tidak hanya surat Al Fatihah, terjemahan surat Al Qoriah juga terpasang di bagian pagar juga dengan Bahasa Indonesia dan Bahasa Mandarin yang akan mudah dilihat jika turun dari tangga masjid.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x