Kompas TV regional berita daerah

Toleransi, Masjid dan Gereja Berdiri Berdampingan

Kompas.tv - 25 April 2022, 13:03 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Gereja Kristen Jawa Joyodiningratan dan Masjid Al Hikmah Kratonan Solo, Jawa Tengah, sudah bersama selama puluhan tahun. Bahkan bangunan kedua rumah ibadah ini menyatu dan memiliki nomor yang sama. Namun, tak pernah sekalipun ada gesekan ataupun ketegangan yang dialami oleh keduanya. Jemaat gereja dan jamaah masjid saling menghormati dalam toleransi yang begitu hebat.

Seperti ketika ada kegiatan yang bersamaan waktunya, mereka saling memberi kesempatan dan berkoordinasi. Contohnya saat ibadah salat tarawih berbarengan dengan kebaktian Kamis Putih dan Jumat Agung. Baik pihak masjid maupun gereja sudah saling memahami dan menjaga.

Kisah damai yang indah ini seharusnya menjadi contoh untuk semua. Ibadah boleh berbeda, keyakinan boleh tidak seiring, namun, persaudaraan tetap harus dijaga. Jika tidak bersaudara dalam iman, setidaknya kita bersaudara dalam kemanusiaan.

#solo #masjid #gereja

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.