Kompas TV video vod

Keindahan Masjid Tahan Gempa yang Instagrammable di Bandara YIA

Kompas.tv - 20 April 2022, 20:02 WIB
Penulis : Kharismaningtyas

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Masjid yang dibangun di kawasan Bandara Yogyakarta International Airport di Kulonprogo, Yogyakarta menjadi salah satu masjid yang memiliki bangunan indah.

Tidak hanya indah, masjid yang berbentuk menyerupai separuh bola ini dirancang tahan terhadap guncangan gempa bumi dan ramah lingkungan.

Bandara Yogyakarta Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Aiport di Kabupaten Kulonprogo memiliki masjid yang bangunannya unik, yakni berbentuk dome atau berbentuk setengah bulat seperti separuh bola.

Masjid yang diresmikan pada tahun 2019 tersebut dibangun dengan konsep ramah lingkungan.

Ruangan masjid memperoleh cahaya dari matahari yang masuk lewat ventilasi serta pintu tanpa daun yang mengelilingi bangunan.

Disain pintu terbuka inilah yang membuat sirkulasi udara dapat dengan leluasa keluar masuk ke dalam ruangan.

Kondisi tersebut juga membuat suhu ruangan di dalam masjid selalu sejuk sehingga pengelola tidak memasang alat pendingin udara.

Atap masjid berornamen hijau ini berdiri diatas tanah seluas 760 meter persegi.

Selain menghemat listrik, masjid ini juga diklaim mampu menahan guncangan gempa bumi serta gelombang besar seperti tsunami.

Pada Bulan Ramadan, setiap sore takmir masjid al akbar menyiapkan 100 paket takjil untuk kegiatan buka puasa bersama yang bisa diikuti oleh para jemaah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x